Hyoyeon!

Hyoyeon!
OMO... How perfect she is, right?

Minggu, 10 November 2013

Between SNSD and 2NE1

Sebenernya aku ragu mau nulis ini atau enggak. Tapi jujur, aku ngerasa kayaknya hal ini perlu aku tulis. Sebelumnya aku minta maaf sama 2NE1 dan Tangga serta fans-fans nya.


Jadi gini, kemaren, hari Selasa, 8 November 2013, sekitar jam setengah 9an kalo gak salah, aku nonton sebuah acara di TV Swasta yang ngundang group vokal Tangga sebagai bintang tamunya. Awalnya biasa aja, tapi kemudian ada satu insiden yang mungkin membuat SONE agak gimanaa gituuu….

Dia mengomentari masalah artikel dari situs KapanLagi.com yang intinya artikel itu megatakan bahwa SNSD dan 2NE1 bersaing untuk menjadi girlband terpopuler di Korea (mungkin maksud dari artikelnya tentang SNSD dan 2NE1 yang sama-sama masuk nominasi MAMA 2013 kategori Best Female Group). Nah, si mas Kamga berkomentar “Sebenernya gue tersinggung kalo 2NE1 disandingkan dengan SNSD. Sorry buat fans SNSD tapi menurut gue kualitas SNSD agak jauh dari 2NE1. Mereka lebih punya identitas.” Dia juga nambahin seharusnya 2NE1 pantesnya disandingin sama Black Eyed Peas. Well…. Aku  setuju dengan opini Kamga.

Aku akui, 2NE1 emang punya indentitas, CL yang menurut aku udah pantes disebut “Goddess of Rap” dan Minzy si maknae yang merupakan dancer terbaik di Korea plus suaranya juga bagus. Sandara yang still young and natural sampe sekarang. Apalagi Park Bom yang suaranya oke banget. Mereka punya style mereka sendiri. Mereka paket lengkap. Beda dengan SNSD yang  punya 9 member dan terbagi atas 2 kelompok. Kelompok satu yaitu 5 member ‘jago’ nyanyi, as good as 2NE1, dan kelompok yang kedua 4 member ‘jago’ dance, also as well as 2NE1.

Mungkin SNSD gak punya identitas sekuat 2NE1, mungkin konsep mereka juga terlalu girly, tapi bukan berarti mereka kurang berkualitas. Sekarang masalahnya, sejauh ini mereka hanya punya 1 lagu yang bisa mengeksplor kekuatan vokal mereka, yaitu lagu duetnya TaeNy yang Lost In Love, cuma itu doang. Kalo ada lebih banyak mungkin akan lebih menonjolkan sisi vokal mereka. Sekarang gini, kalo kita bandingkan antara Bom, Dara, CL, dan Minzy dengan Taeyeon, Jessica, Tiffany, Seohyun ditambah Hyoyeon. Aku berani jamin kalo kulitas mereka sama.  Secara live mereka juga membuktikan kalo mereka bisa tetap bagus (walau tidak selalu bisa stabil seperti 2NE1). Dan itu membuktikan kalo mereka cukup mumpuni untuk dibilang berkualitas.

So? Apa hanya karena SNSD bukan genre yang kalian suka, atau konsep SNSD yang gak kalian minati, jadi kalian bilang kalo SNSD gak berkualitas? Jangan suka meng-underestimate, memandang sebelah mata seseorang hanya karena penampilan luar dan selera. Nih ya, musik itu tentang selera tapi bukan berarti musik yang bukan selera kita itu gak berkualitas! Think again!



Dan buat mas Kamga, plis, kalo komentar di TV Swasta lebih baik dipikirkan dulu dampaknya. Inget yaa, kebebasan berpendapat bukan berarti kita bebas berpendapat tanpa aturan. Tetep ada batasan-batasannya. Secara gak langsung mas Kamga sudah menyinggung hati SONE. Si mbak Chevrina juga juga gak suka SNSD, dan dia juga mengutarakan pendapatnya secara bebas, tapi mbak Chevrina lebih bijak dalam memilih kata dan gak asal ucap tanpa pertanggung jawaban.

Taeyeon - Oh Holly Night


Taeyeon and Tiffany - Lady Marmalade


Taeyeon and Tiffany - Lost In Love


SNSD - All I Want For Christmas Is You


Aku gak tau di twitter gimana, yang jelas aku takut kalo Kamga sampe di bashing. Why? Karena opini dia gak salah, aku mengakui kalo musikalitas SNSD masih dibawah 2NE1, cuma penyampaian opininya di tempat yang menurutku kurang pas. Semoga aja SONE gak labil dan langsung kepancing. Keep calm laah~

- And we’re doing it we can’t be beat. We’re born to win, better tell all your friends cause we get it in.-




7 komentar:

  1. Apa pula ini?
    Kok aku baru tahu ya ada yang ginian di stasiun tv kita? Dah tahunan gak lihat tv seh~

    Kalo menurutku, 2Ne1 sama SNSD bergerak di genre musik yang jauh berbeda. 2Ne1 memang The Queen of Hip Hop, seperti SNSD yang The Queen of Pop. Mereka sama-sama punya plus dan minus. Mungkin yang dimaksud mas MC-nya 2Ne1 kemampuannya lebih merata dibandingkan SNSD kali. Dan kalo yang dimaksud soal itu, aku setuju.
    Pop : Lagunya terkesan lurus dan mengikuti irama dan koreo. Jarang ada rap. Kalaupun ada itupun sangat pendek part-nya.
    Hip hop : Ada rap yang panjang (pasti dan selalu), dengan irama dan koreo yang berubah-ubah.

    Kalau kita lihat setting visualnya, (sorry yang SONE kalau menyinggung. Sumpah, aku bukan fans 2Ne1. Cuma dilihat dari sudut pandang netral lho ya.) memang tidak bisa dipungkiri kalau dengan member yang cuma 4, 2Ne1 mau gak mau harus menguasai segala sesuatu yang diperlukan agar bisa menjadi exceptional. Lain halnya dengan SNSD yang bisa ditanggung sama 9 orang. Jadi jika salah satu member ada yang kemampuannya minus di vocal, misalnya, SNSD masih punya 4-5 member lain untuk meng-cover. Dance? Ada 4-5 member lain yang juga dapat tugas sama. Sedang 2Ne1 mau cari cover dimana lagi, sedangkan member yang tersisa sudah punya bagian bejibun banyaknya. Dan lagi, setiap lagu 2Ne1 juga punya part rap yang panjaaaaaanngg dan pastinya ruwet untuk dihapalin (dan ini porsi 1 orang, gak ada pembantu lain). Dan mereka juga sangat tergantung pada Miny sebagai dancer utama. Tinggal tersisalah 2 orang yang kebagian nyanyi. Jadi mau gak mau, 2Ne1 harus kerja extra. Mungkin itu yang terus kelihatan mereka jadi punya identitas. Karena setelah melihat 2Ne1 yang membernya dikit dan pastinya bagian nyanyinya banyak dengan SNSD yang membernya banyak yang otomatis porsi nyanyi jadi sedikit, SNSD jadi terkesan manja dengan banyaknya anggota yang bisa diandalkan untuk menutupi seandainya satu member membuat kesalahan.

    Tapi itu semua kan sudah disetting mulai awal. 2Ne1 untuk hip hop, sedangkan SNSD untuk pop. Seperti yang kubilang tadi, Pop dan Hip hop itu dua jenis musik yang genre-nya beda. Jadi setting pemainnya juga beda. Kalau dari segi penampilan visual, hip hop cenderung lebih ke arah independence, wild dan tough. Coba perhatikan, apakah pernah 2Ne1 bikin MV yang berkesan cute? NO.
    SNSD adalah pop singer, yang selalu terkesan, well, Pop. Cute, girly, sweet, bling-bling. SNSD gak pernah bisa pull a wild act (di MV Bad Girl(?) dan Devil Run mereka tetep menampilkan image cute dan sweet side mereka. Padahal itu mv SNSD yang paling wild menurutku.) sekeras apapun mereka mencoba karena pelatihan awal mereka dan lagu yang mereka usung sampai sekarang adalah Pop. Jadi mereka selalu kelihatan girly dan cute. Dan itu adalah aturan standar Pop singer. Dan sebagai penyanyi Pop, SNSD mampu pull the act as the pop singer perfectly. Dan sebaliknya untuk 2Ne1.

    Kalo ada penyanyi hip hop yang kelihatan cute dan sweet, terus ada penyanyi pop yang malah kelihatan wild and tough, pasti yang lihat jadi pada puyeng deh.
    Ini semua cuma soal selera musik pribadi saja. Kayaknya mas MC itu lebih seneng hip hop deh. Tapi bukan berarti dia boleh seenaknya nge-bash SNSD di TV gitu dong. Itu tetep aja salah namanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. koreksi beb. yang ngomong bukan MCnya tapi bintang tamunya.

      nah itu dia, thanks yaa chingu udah melengkapi argumen saya yang masih mentah. kayaknya si bintang tamu itu, sebut saja K, gak suka dengan gaya snsd yang emang terlalu girly. dan sekilas aku jadi berpikir kalo si K itu kayak kpoper newbie lain yang labil dan immature yang suka mancing fanwar. daaaan, you know, di twitter dia beneran di bash sama, yaa... some of SONEs :( aku tau sih kalo dia salah, tapi dengan beberapa oknum SONE yang ngebash dia, itu malah membuat fandom SONE secara keseluruhan terlihat "as immature as him". yaa, walaupun SONE yang ngebash dia jg gak salah sepenuhnya, kan gak akan ada asap kalo gak ada api.

      Hapus
  2. Btw say, aku dapet ini pas browsing nyari Tae.
    http://thetruthaboutkpop.wordpress.com/2013/01/25/girls-generation-snsd/

    Emang Bahasa Inggris, tapi ini kalo menurutku penilaian tentang member SNSD yang paling akurat. Just read it. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahhh..... setujuuuu banget sama artikelnyaaa...... tapi paling sependapat sama talentnya Jessica, something yang orang lain gak pernah pikirin. selama ini, emang menurut aku suara Jessica ada karakternya dan rangenya juga lumayan, dan sampe saat ini dia juga tetep jadi 2nd best vocalist di SNSD. tapi di setiap lagu solo yang dia bawain (esp, di lagu That One Person, You), about 70% dia selalu pake head voice. bagus sih tapi kalo too much juga jadi gak enak. dan suaranya juga kurang power, emang agak kurang attractive. malah aku lebih tertarik ke suara Tiffany yang lantang, walau agak keteteran tiap nyanyi.

      but, yoona, for her talent, i think she deserves more than 4. maybe 6.3, lil' bit same with Sunny. karena menurutku talent mereka sama-sama mediocre. bedanya, Sunny middle up, Yoona middle low.

      dan paragraf terakhir....... akhhhh.... bener banget. di awal debut, mereka itu, melalui banyak banget bashingan fandom2 lain. puncaknya pas insiden black ocean di dream concert tahun 2008. tapi dengan kerja keras, akhirnya mereka bisa bangkit dan akhirnya, sekarang ada dipuncak. herannya, masih aja ada yang mandang mereka sebelah mata dan bilang mereka artis karbitan hanya karena vokal mereka yang kurang kuat :(

      Hapus
  3. sbnrnya 2ne1 sama snsd tuh sma2 grup cwe nmr 1 di korea dan mrka udh di akui jga..yg membedakan 2ne1 sma snsd tuh cma konsep mrka doang..

    BalasHapus
  4. Sebenernya SNSD sama 2NE1 cuman beda konsepnya saja, kalau yang GG itu cewek banget dan kalau 2ne1 kecowokan banget , swang juga. jadi ya ga usah banding2in mending bahas yg lain

    BalasHapus
  5. Menurut ga pernyataan kamga tegas banget, sbg blackjack sbenerny gw pribadi ga suka fanwar, tapi klo 2en1 harus di sanding2 girl group lain gw akan sebut 2en1 ga bisa di sma2in sm girl group lain. Jujur aja gw tau snsd, fansnya pasti seneng banget dr awal debut snsd udah nerima banyak cinta krn mereka cantik2, mereka tampil di banyak acara teve, sedangkan dari awal 2en1 harus terus survive untuk di cintai, kayak lagu ugly, dunia shkwbiz emang kayak gt. Gw gak benci snsd, tapi buat gw member yang punya attitude di snsd cuma yoona yg menurut gw punya inner beauty, hyoyeon yang ga muna, sm yuri yang cuek, yang laennya gw serem, apalagi tts, ngeliat mereka senyum bikin gw merindik, mereka tipe2 cewek nyeremin klo kata gw. Tapi masalah wise, ga tau kenapa aktris2 yg ent emang wisely2 semua, mereka survive buat mimpi mereka. Sori klo ada yg ga sesuai sm pikirian anda semua, gw jg lumayan suka sm hyoyeon.

    BalasHapus