Hyoyeon!

Hyoyeon!
OMO... How perfect she is, right?

Senin, 26 November 2012

SNSD's Vocal and Dance Quality Part 1

Kali ini aku mau membahas kualitas vokal dari masing-masing main vocal serta kualitas menari dari masing-masing main dance menurut penilaianku sendiri sebagai orang yang awam, jadi mohon maaf kalo ada kesalahan. OKE, LET’S CHECK IT OUT!

A. Main Vocal


1. Taeyeon



Kalo menurut aku Taeyeon adalah main vocal yang memiliki vocal range paling lebar diantara kelima main vocal yang lain. Dia bisa mencapai nada rendah dengan sempurna begitu juga dengan nada tingggi. Stabilitas suaranya juga gak usah diragukan lagi. Dia juga memiliki suara yang melengking saat menarik nada-nada tinggi. Dan, dia juga sangat cocok buat nyanyiin lagu-lagu ballad. Pokoknya gak usah diragukan lagi kualitasnya. Memang cocok dia dijadikan main vocal di SNSD.
Must listen :
- Taeyeon SNSD – If
- SNSD TaeTiSeo – Twinkle
- Taeyeon SNSD – Missing You Like Crazy

2. Jessica



Keunggulan si Jessica, dia memiliki warna suara yang unik dan khas. Sekali dengar kita bisa langsung tahu bahwa itu suaranya Jessica. Ditambah lagi dia jago dalam mengambil nada-nada tinggi serta pandai menciptakan falsetto. Dan, dengan warna dan jenis vocal seperti itu, dia lebih cocok untuk nyanyiin lagu-lagu yang agak up-beat. Serta kalo menurut aku stabilitas suaranya yang terbaik kedua setelah Taeyeon. Vocal range-nya juga yang terlebar kedua setelah Taeyeon.
Must listen :
- Jessica SNSD feat. Kim Jin Pyo – What To Do
- Jessica SNSD feat. Krystal f(x) – Tik Tok
- SNSD Jessica and Taeyeon feat. Super Junior Donghae and Kyuhyun – The Way Back Into Love

3. Seohyun



Kalo menurut aku, suara Seohyun bagusnya di nada-nada rendah, tapi sebenernya dia juga bagus untuk mengambil di nada-nada tinggi. Dan sependengaran kupingku, suaranya Seohyun merupakan jenis suara yang paling berat atau rendah dibanding member SNSD yang lain. Itu sebabnya, untuk jenis suara seperti itu, dia lebih cocok nyanyiin lagu-lagu ballad. Dan vocal range Seohyun yang terbaik ketiga setelah Taeyeon dan Jessica serta stabilitasnya juga yang terbaik ketiga setelah Taeyeon dan Jessica.
Must listen :
- Seohyun SNSD – I’ll be Waiting For You
- SNSD TaeTiSeo – Goodbye, Hello
- SNSD Seohyun, Jessica and Tiffany – Bad Oppa

4. Tiffany



Tiffany juga memiliki suara yang agak berat, ditambah lagi suaranya juga agak-agak serak yang membuat suaranya jadi terdengar sedikit nge-rock. Aku rasa, ia juga lebih cocok untuk menyanyikan lagu yang up-beat. Selain itu keunggulan suara Tiffany terletrak pada power-nya yang paling besar dibanding yang lain. Walau terkadang ia tidak dapat mengontrol power-nya sehingga menggaggu ke-stabilitas-an suaranya saat bernyanyi di panggung.
Must listen :
- Tiffany SNSD – Because It’s You
-SNSD Tiffany and Taeyeon – Lady Marmalade
- SNSD TaeTiSeo – Baby Steps

5. Sunny



Dia paling jago di suara kepala atau biasa disebut falsetto. Warna suaranya juga unik. Kalau didengar dengan seksama, suaranya terdengar manis, imut dan girly. Sama seperti Jessica, warna suara Sunny lebih cocok untuk lagu-lagu bertempo cepat atau up-beat. Akan tetapi dia memiliki kelemahan pada stabilitas suara yang agak kurang dibanding keempat main vocal yang lain.
Must listen :
- Sunny SNSD – Your Doll
- Sunny SNSD feat. Miryo BEG – I Love You
- SNSD Sunny and Taeyeon – It’s Love

B. Main Dance

1. Hyoyeon



Gak perlu diraguin lagi. Hyoyeon bisa hampir semua genre tarian. Mulai seperti hip-hop, animation, poppin’, waving dance , locking. Selain itu ia kini juga mahir menarikan tarian-tarian latin, hal ini tidak lepas dari keikutsertaannya dalam acara ‘Dancing With the Stars II. Dia juga dapat menghapal gerakan dance dalam satu kali latihan. Tidak heran dia dijuluki sebagai ‘Dancing Queen’. Dan tanpa adanya Hyoyeon SNSD seakan kehilangan energi dalam hal koreografi.
Must watch :
- MV SNSD ‘Into The New World’ part Hyoyeon’s Solo Dance

2. Yuri



Kemampuan dance-nya patut diacungi jempol, karena biar bagaimanapun Hyoyeon sempat menganggapnya sebagai rival terbesar dalam bidang menari, yang berarti kemampuan menarinya gak usah diragukan lagi.

3. Yoona



Dibalik wajahnya yang cantik ternyata Yoona memiliki power yang diatas rata-rata saat menari.

4. Sooyoung



Kemampuannya gak usah di pertanyakan lagi. Setiap gerakan yang ia ciptakan dalam menari tampak pasti dan mantap.



... TO BE CONTINUED...

Part 2, baca Disini

14 komentar:

  1. Aku cuma gak setuju sama untuk suara Jessica. Oke, emang suaranya bisa langsung dipisahkan dari member yang lain, tapi bukan berarti itu bagus. Jessica sering tidak bisa menjangkau nada. Entah itu nada tinggi or rendah. Untuk nada rendah, suaranya selalu mengeram di tenggorokan. Jadi seperti orang menggumam. Listen: Time Machine.
    Pada saat nada tinggi, dia seperti memaksakan pita suaranya, Hingga pada hasilnya, terlalu melengking dan membuat kuping agak gak nyaman. Listen: The Boys.
    Suara Jessica harusnya diletakkan di tengah. TIffany lebih bisa menjangkau nada rendah jika dibandingkan Jessica. Untuk nada tinggi, bisa langsung diberikan pada spesialisnya; Taeyeon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. analisis orang beda-beda chingu... analisis yang aku post, itu berdasarkan penilaianku pribadi... but it's okay kalo chingu punya penilaian yang berbeda. :)

      Hapus
  2. Kok tifanny suaranya lbh cantik dari sunny kan seharusnya suara sunny yg lebih cntk kan cntkn suaranya
    1. Jessica
    2. Sunny
    3. Taeyeon
    4. Yuri
    5. Hyohyeon
    6. Tifanny
    7. Seohyun
    8. Sooyoung
    9. Yoona
    Klu main dancer yg plng cocok tuh
    1. Hyo dan yuri
    Dan yoona tuh narinya cuma dibawah rata2 dan dia bkn cantik dia muka peyek gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. penilaian orang-orang beda-beda, yang aku post itu berdasarkan penilaianku chingu.
      oh iya chingu plis jangan bawa-bawa fisik untuk menjatuhkan member lain yaa... keep calm okay. :)

      Hapus
  3. kalau peringkat dari aku (dari penilaian aku lho ini aku setuju sama adminnya semua orang kan punya penilaian yang berbeda-beda jadi kalau chingudeul tidak setuju mianhamnida ne)^^

    Taeyeon, Seohyun & Tiffany -> trio powerful voice
    Jessica & Sunny -> duo unique voice

    Dan untuk main dancenya masing-masing aku juga punya peringkat tersendiri untuk suara mereka yang mana yang paling aku sukai

    - Hyoyeon
    - Yoona
    - Yuri
    - Sooyoung

    sekali lagi mianhamnida ne kalau ada yang tidak setuju peringkat ini cuma menurut aku saja ko chingudeul jujur sebenarnya di balik peringkat-peringkat itu aku menyukai mereka semua karena menurutku mereka sudah menjadi satu kesatuan dengan kelebihan & keunikan mereka masing-masing mereka saling melengkapi oleh sebab itu dari awal aku memilih mereka sebagai girl group idolaku sampai sekarang meskipun banyak girl group-girl group idola lain yang juga keren, cantik dan berbakat serta begitu menggoda untuk dijadikan idola tapi tetap saja hatiku tidak bisa berpaling dari masing-masing 9 eonnideul ini ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener. setiap orang emang punya pendapat masing-masing, karena, baik itu kemampuan vokal atau dance atau wajah semua itu bersifat relatif.

      benar sekaliiii, mereka emang saling melengkapi satu sama lain. yang satu menutupi kelemahan yang lain.^^

      Hapus
    2. gomawo admin :)
      salam kenal ne admin ^^

      Hapus
    3. ne chingu.
      Salam kenal hehe ^^

      Hapus
  4. bagi aku,, Taeyeon emng stabil suaranya nada tinggi juga bisa, cuman untuk nada rendah kurang sedikit power, meskipun tiffany jagonya nada rendah. seohyun range lebar cuman emng jenis suaranya kurang tebal dibanding taeyeon, perpaduan antara tae dan jessica, tiffany dan sunny punya bakat nada tinggi kok jika di latih terus menerus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dengerin OST yang diisi Taeyeon deh chingu, kayak "Can You Hear Me", atau "Missing You Like Crazy", itu nada rendahnya dapet banget loh menurut aku (orang yang masih awam tentang vokal). Dan di lagu "Bye", disitu kedengeran range vokalnya Taeyeon lebar banget. Kalo Seohyun, masalah utamanya adalah penghayatan, dia kadang kurang ngasih feel dilagu. Tapi pas di lagu2 TaeTiSeo (terutama lagu ballad) Seohyun udh mulai keren penghayatannya. Fany emang bisa nada tinggi walau gak setinggi Jessie atau Taeyeon, atau bahkan Seohyun. Dan dibeberapa lagu, Fany jatohnya bukan narik nada tinggi, tapi malah cenderung 'teriak' (contoh narik nada tinggi: Taeyeon dilagu "Twinkle", contoh 'teriak': Fany dilagu "Because It's You"). Kalo Sunny dia juga kurang bisa menjangkau nada tinggi (walau sebenernya dia bisa sedikit lebih baik, tapi dia selalu keliatan ragu, takut meleset mungkin nadanya), makanya, dia terkadang pake falseto, yaa walau jujur, falsetnya dia keren banget, coba denger lagunya yang "Your Doll" dimenit2 terakhir. Nah, Yang paling aku gak suka dari vokalnya si Sunny, dia suka ada vibra2 mengganggu setiap nyanyi live, jadi kedengeran kayak gak stabil. Kalo vibra yang sesungguhnya itu Jessie jagonya. Coba denger lagunya yang "That One Person, You" itu vibranya kedengeran spesifik banget, ditambah lagi falsetonya dia juga gak kalah keren dari Sunny ^^

      Hapus
  5. suara jess bisa melengking tapi kadang kurang bisa kontrol karena power dah habis bwt ngedance,klo soehyun nada tingginya kadang kurang nyampe bahkan kadang kehabisan nafas,klo hyeoyeon dancenya keren bahkan habis jatoh ato menggunakan high heels ,gerakannya lentur dan paling berkarakter dibanding member lain,tapi kadang langkah nya saat dance terlalu panjang jadi nutupin member lain di belakangnya,thanks udah sharing,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi menurut aku, Seohyun juga bisa tinggi suaranya (di lagu The Boys, Twinkle), Ya walau gak setinggi Taeng sama Jessie. Dan yang aku suka, Seo itu jarang pitchy, bukan pitch-perfect sih, tapi setidaknya as a main vocal, pitchnya lumayan bagus.
      She's a dancing queen, jadi gak usah diragukan lagi kemampuannya.
      Iya, sama-sama ^^

      Hapus